Selasa, 22 Januari 2013

CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI



Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi 
Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang merasa sulit untuk memulai percakapan dengan orang baru, atau seseorang yang tidak Anda kenal?

Ini adalah masalah yang sangat umum. Kebanyakan dari kita merasa sedikit tertantang untuk memulai percakapan dengan orang asing. Ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, kita tidak tahu banyak tentang mereka. Kita tidak tahu apakah kita akan tertarik pada hal yang sama. Kita tidak tahu apakah kita menyukai orang itu, atau jika orang itu akan berubah menjadi seseorang yang seharusnya kita hindari.

Jadi, bagaimana kita memulai percakapan dengan orang baru? Seringkali kita harus memulai obrolan ringan, sekedar basa-basi.

Obrolan ringan adalah semacam obrolan tentang hal-hal yang tidak penting. Kita tidak akan membahas hal-hal yang terlihat sangat penting. Kita tidak akan mengungkapkan perasaan yang terdalam kepada lawan bicara kita, dan kita tidak berusaha untuk sangat memahami lawan bicara kita.

Meskipun banyak orang benci berbasa-basi, itu menjadi bagian penting untuk berinteraksi satu sama lain. Tidak setiap orang yang Anda temui akan menjadi seseorang yang ingin Anda tahu secara mendalam. Anda juga tidak akan ingin mengungkapkan diri Anda yang terdalam kepada seseorang yang baru Anda temui di halte bus selama beberapa menit.

Ketika Anda melakukan obrolan ringan, Anda melakukan beberapa hal yang cukup bisa diprediksi -  pertukaran informasi misalnya, sementara dalam hati Anda berdua mencoba untuk memutuskan "Apakah saya benar-benar ingin mengenal orang ini lebih baik?"

Kadang-kadang jawabannya adalah "ya" dan kadang-kadang jawabannya adalah "tidak".
Bila Anda terlibat dalam obrolan ringan, itu menjadi cukup mudah untuk mengakhiri percakapan karena Anda tidak memiliki investasi emosional yang besar di dalamnya.

Jika selama Anda mengobrol, Anda merasa memiliki banyak kesamaan dengannya, maka Anda dapat melanjutnya hubungan Anda ke tingkat selanjutnya. 

Bahkan jika Anda benci berbasa-basi, itu memiliki peran penting untuk bermain dalam pengembangan hubungan sosial Anda. Menjadi baik dalam membuat perbincangan sosial yang ringan juga dapat memainkan peran besar dalam karir Anda. Jika Anda tidak terlalu terampil membuat percakapan dengan orang-orang baru yang Anda temui, Anda akan sulit berinteraksi dengan rekan-rekan kerja Anda di kantor.

Bagaimana kita bisa menjadi lebih baik dalam berbasa-basi jika kita benci melakukan hal itu? Pertama ingatkan diri sendiri bahwa ini merupakan keterampilan percakapan yang penting untuk dikuasai.

Dalam banyak kasus, berbasa-basi akan maju dalam salah satu dari dua arah: baik percakapan itu akan gagal dan kemungkinan hubungan sosial dengan orang lain mungkin juga hilang, atau percakapan akan beralih ke topik yang lebih menarik lainnya dan hubungan akan memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik dan berkembang menjadi sesuatu yang lebih dalam dan lebih penting.

Jangan terjebak saat membahas satu topik seperti cuaca terlalu lama, kecuali jika Anda benar-benar tidak ingin percakapan pergi ke arah mana pun. Meminta petunjuk dari orang lain dapat memberitahu Anda tentang apa yang benar-benar ingin mereka bicarakan.

Sinyal yang dapat mereka kirimkan kepada Anda adalah mereka akan terus datang kembali ke topik favorit mereka berulang-ulang. Ketika mereka mulai berbicara tentang kepentingan mereka, mereka tiba-tiba akan menjadi jauh lebih emosional.

Ketika Anda merasa bahwa orang lain membicarakan sesuatu yang menarik menurut mereka, Anda harus bertanya pada diri sendiri, "Apakah ini topik yang juga menarik bagi saya? Apakah kita memiliki kesamaan dan kita dapat berbicara tentang itu lebih mendalam? Apakah saya ingin mengenal orang ini lebih dalam? "
Pada saat yang sama, Anda juga dapat mulai menyebutkan beberapa kepentingan Anda sendiri. Apakah orang lain menanggapi apa yang menarik minat Anda?

Semakin banyak topik yang yang sama yang Anda temui pada tahap awal, semakin besar kemungkinan bahwa percakapan Anda mengalami kemajuan dari tahap pembicaraan kecil ke sesuatu yang lebih relevan dan menarik untuk Anda berdua. Namun, jika tak satu pun dari Anda yang dapat menemukan topik yang menarik bersama, itu sangat mungkin hubungan Anda akan berhenti sampai di sana.

Semakin Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda yang dimulai dengan percakapan yang berbasa-basi, dan semakin Anda berlatih menjaga percakapan tersebut untuk bergerak diantara Anda dan lawan bicara Anda, maka Anda akan semakin mudah mendapatkan banyak teman, bukan hanya sekedar bertemu dengan orang asing.

So, Anda harus berlatih mulai dari sekarang!


SUMBER : http://www.areadewasa.com/article/love-relationship/meningkatkan-kemampuan-berkomunikasi/ 

0 komentar:

Posting Komentar